Jika Bangunan Amal Tanpa Tauhid

Jika Bangunan Amal Tanpa Tauhid

Jika Bangunan Amal Tanpa Tauhid — Dibalik syariat udhiyah di bulan Dzulhijjah sungguh memberikan faedah yang sangat besar bagi kaum muslimin, yang paling utama adalah pilar tauhid, karena tidak ada islam tanpa tauhid, sebanyak apapun amal seorang hamba tanpa tauhid maka kebaikan itu tidak ada faedahnya sama sekali, sebagaimana kisah Ibnu Jud’ān yang dijelaskan dalam riwayat berikut.

Rasūlullāh shallallahu ’alaihi wa sallam mengatakan,

لَقَدْ شَهِدْتُ فِي دَارِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ جُدْعَانَ حِلْفًا مَا أُحِبُّ أَنَّ لِيَ بِهِ حُمْرَ النَّعَمِ ، وَلَوْ أُدْعَى بِهِ فِي الإِسْلامِ لأَجَبْتُ

“Sungguh Aku pernah menghadiri sebuah perjanjian di rumah ‘Abdullāh bin Jud’ān. Saya lebih senang dengan perjanjian ini daripada unta merah. Sekiranya aku diundang lagi (untuk menyepakati perjanjian ini) di masa Islam, niscaya aku akan memenuhinya.”
(HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubra no 12110, dihasankan oleh Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah no.1900)

Ini adalah pengakuan Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam terhadap sebagian kebaikan yang masih ada di zaman Jahiliyyah. Meskipun demikian kebaikan ‘Abdullāh bin Jud’ān tidaklah bermanfaat karena dia tetap masuk neraka Jahannam.

Faedah Kajian “Pilar Emas Dari Ibadah Qurban (episode 1)”.
Bersama Ustadz Afifi Abdul Wadud, B.A hafizhahullahu ta’ala

COMMENTS

WORDPRESS: 0