Jika Penguasa Anda Dzolim

Jika Penguasa Anda Dzolim

Jika Penguasa Anda Dzolim — Larangan memerangi penguasa muslim yang masih menegakkan shalat, sebagaimana hadits berikut,

‎عن عوف بن مالك رضي الله عنه مرفوعاً: «خِيَارُ أئمتكم الذين تحبونهم ويحبونكم، وتُصَلُّون عليهم ويصلون عليكم. وشِرَارُ أئمتكم الذين تبُغضونهم ويبغضونكم، وتلعنونهم ويلعنونكم!»، قال: قلنا: يا رسول الله، أفلا نُنَابِذُهُم؟ قال: «لا، ما أقاموا فيكم الصلاة. لا، ما أقاموا فيكم الصلاة».
‎[صحيح] – [رواه مسلم]

Dari ‘Auf bin Mālik -raḍiyallāhu ‘anhu- secara marfū’, “Sebaik-baik pemimpin kalian adalah orang-orang yang kalian cintai dan mencintai kalian, kalian mendoakan mereka dan mereka pun mendoakan kalian. Dan seburuk-buruk pemimpin kalian adalah orang-orang yang kalian benci dan membenci kalian, kalian melaknat mereka dan mereka pun melaknat kalian.” (Ia) berkata, “Kami pun bertanya: ‘Apakah kami boleh melawan mereka?’ Beliau menjawab, ‘Tidak, selama mereka menegakkan salat di tengah kalian. Tidak, selama mereka masih menegakkan salat di tengah kalian.’”
(HR. Muslim)

Hal ini adalah perkara akidah Islam yang wajib diimani setiap muslim, karena penguasa dzolim adalah bentuk hukuman dari Allah, cara menghadapinya bukan dengan memeranginya, akan tetapi dengan cara sabar & bertaubat. Perlu kita renungkan bahwa tidaklah penguasa dzolim itu ada karena rakyatnya juga dzolim, sebagaimana firman Allah dalam Surat Al-An’am Ayat 129,

‎وَكَذَٰلِكَ نُوَلِّى بَعْضَ ٱلظَّلِمِينَ بَعْضًۢا بِمَا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ

“Dan demikianlah Kami jadikan sebahagian orang-orang yang dzolim itu menjadi teman bagi sebahagian yang lain disebabkan apa yang mereka usahakan.”

Faedah Kajian “Muamalah Yang Salah Dengan Pemerintah”.
Ustadz Afifi Abdul Wadud, B.A. حفظه الله تعالى

COMMENTS

WORDPRESS: 0