Kepatuhan Total Dibalik Ibadah ‘Udhiyah

Kepatuhan Total Dibalik Ibadah ‘Udhiyah

Kepatuhan Total Dibalik Ibadah ‘Udhiyah — Salah satu pilar emas dari ibadah qurban di bulan Dzulhijjah adalah ketundukkan total terhadap Allah dan agamanya. Lihatlah bagaimana peristiwa Nabi Ibrahim, istrinya Hajar, dan Ismail akan kepatuhan dan ketawakalan mereka kepada Allah ketika mendapatkan ujian untuk menyembelih Ismail.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta’ala dalam Surat As-Shaffat Ayat 102,

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَىٰ فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَىٰ ۚ قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ ۖ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.

Apabila menuruti hawa nafsunya maka akan menjadi perkara yang sangat berat bagi Nabi Ibrahim karena setelah sekian waktu yang lama menantikan kehadiran sang buah hati kemudian tiba-tiba mendapatkan perintah untuk menyembelihnya, akan tetapi Nabi Ibrahim dan Ismail tunduk dan patuh atas perintah Allah Ta’ala.

Faedah Kajian “Pilar Emas Dari Ibadah Qurban (episode 2)”.
Bersama Ustadz Afifi Abdul Wadud, B.A hafizhahullahu ta’ala

COMMENTS

WORDPRESS: 0