Pedagang Akhirat

Pedagang Akhirat

Pedagang Akhirat — Ada fenomena yang mungkin terluput dari kita, sering kita lihat dalam dunia bisnis dalam menggaet pembeli baik dengan cara offline atau online pedagang berebut konsumen untuk memborong barang dagangannya.

Pernahkah anda lihat fenomena orang berebut konsumen untuk menikmati dagangan akhiratnya?
Jika suatu saat anda umroh dibulan Ramadhan insyaAllah kalau anda perhatikan ada fenomena itu di Masjid Nabawi. Muhsinin berebut mendaftar untuk bisa menjamu buka di Masjid Nabawi, team bergerak menggelar lapak jamuan yang dibolehkan pihak masjid, diluar masjid ada seperti calo yang menarik orang untuk bisa bergabung bersamanya dalam menikmati jamuan buka, apa yang mereka cari?

Mereka ingin memborong pahala akhirat dari orang-orang yang ada. Dan setiap kita sesungguhnya adalah pedagang akhirat, yang Allah ajak transaksi keimanan, setiap dagangan kita akan dibeli dengan keuntungan berlipat ganda, bahkan keuntungan hingga lipatan yang tak terhingga, bahkan diwaktu-waktu khusus ada event akbar obral pahala yang tanpa batas, tapi SIAPA TERTARIK???

Para sahabat nabi telah membuktikan,
Para salaf telah berlomba pula,
Adakah diantara kita salah satunya?

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ. تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ. يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan-Nya dengan harta dan jiwamu, itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di surga ‘Adn. Itulah keberuntungan yang besar.”
(QS. ash-Shaff: 10-12).

Sambutlah ajakan Allah untuk bertransaksi pasti akan Allah beli..

إِنَّ اللَّهَ اشْتَرَى مِنَ الْمُؤْمِنِينَ أَنْفُسَهُمْ وَأَمْوَالَهُمْ بِأَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَيَقْتُلُونَ وَيُقْتَلُونَ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا فِي التَّوْرَاةِ وَالإنْجِيلِ وَالْقُرْآنِ وَمَنْ أَوْفَى بِعَهْدِهِ مِنَ اللَّهِ فَاسْتَبْشِرُوا بِبَيْعِكُمُ الَّذِي بَايَعْتُمْ بِهِ وَذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Sesungguhnya, Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga (sebagai balasan) untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah, lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan al-Qur’an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar.”
(QS. at-Taubah: 111)

Disisa Ramadhan yang tinggal beberapa hari ini, jadilah pedagang akhirat yang lebih masif, semoga Allah hadiahkan surga di bulan yang mulia ini, Allah bebaskan dari neraka, dan angkat kederajat para wali-Nya, siapa tahu ini Ramadhan terakhir kita.

Ustadz Afifi Abdul Wadud حفظه الله
Yogyakarta, 25 Ramadhan 1445H

COMMENTS

WORDPRESS: 0