Sahabatku Tercinta, Janganlah Kuda Pacu Lebih Cerdas Darimu

Sahabatku Tercinta, Janganlah Kuda Pacu Lebih Cerdas Darimu

Sahabatku Tercinta, Janganlah Kuda Pacu Lebih Cerdas Darimu — Sahabatku tercinta, kutitipkan setetes nasihat, semoga bermanfaat. Sahabatku, Ramadhan apalagi malam-malam akhirnyanya, detik-detiknya lebih berharga dari gunung emas, jangan sampai berlalu tanpa mengambil keuntungan darinya.

Sahabatku, belum tentu kita masih bertemu Ramadhan di tahun mendatang, anggaplah ini Ramadhan terakhirmu, biar dirimu bisa maksimal dalam menggapai kemuliannya, karena Rabbmu ingin engkau lebih mulia dari umat-umat terdahulu.

Sahabatku, kunci sukses Ramadhanmu ada dipenghujungnya, karena memang itulah yang Nabi tegaskan kepada kita انما الاعمال بالخواتم،

Sahabatku, jika hari-hari yg telah lalu kita terasa kurang maksimal dalam menghidupkan Ramadhan jangan sampai sisanya tanpa ada pebaikan, karena sesungguhnya masih ada kesempatan harapan seperti perkataan imam kaum muslimin Al Imam Hasan Al Bashri,

أحسن فيما بقى يغفر لك مامضى، فاغتنم مابقي فلا تدري متى تدرك رحمة الله !

“Berbuat baiklah di sisa-sisa Ramadhan niscaya akan diampuni (kesalahanmu) yg berlalu, maka manfaatkanlah hari-hari yg tersisa, karena anda tidak tahu kapan bisa meraih rahmat Allah”.(Hilyah Auliya 11837)

Sahabatku, paculah dirimu disisa harimu, jangan sampai kuda pacu lebih cerdas darimu, karena sesungguhnya kuda pacu jika telah dekat garis finishnya akan mengerahkan segala kekuatanya untuk tampil sebagai pemenangnya, sebagaimana ungkapan Al Imam Ibnul Jauzy rahimahullah,

إن الخيل إذا شارفت نهاية المضمار بذلت قصارى جهدها لتفوز بالسباق .. فلا تكن الخيل أفطن منك !

“Sesungguhnya kuda pacu apabila mendekati batas finish ia akan mengerakan (semua) kemampuannya untuk memenangkan perlombaan. Jangan sampai kuda pacu menjadi lebih cerdas darimu.”

Semoga Rabb kita membukakan taufiq-Nya untuk kita semua, adukan kelemahan kita karena hanya Allah sang pemilik daya dan kekuatan.

Ya Rabb, kami hamba-Mu yang bergelimang dengan kedzaliman dan kelalaian jika bukan karena ampunan dan Rahmat-Mu pastilah kami akan termasuk orang-orang yang merugi.

Sahabatmu, al faqier ila maghfirati rabbie Afifi
Yogyakarta, 23 Ramadhan 1445H

COMMENTS

WORDPRESS: 0