Target Tazkiyatun Nafs

Target Tazkiyatun Nafs

Target Tazkiyatun Nafs — Tazkiyatun nafs adalah upaya untuk membersihkan jiwa dari segala kotoran yang dapat merusaknya, berupa fitnah syahwat maupun syubhat. Maka hasil dari tazkiyatun nafs itu berupa 3 hal penting, yakni :

  1. Tauhid, orang yang bersih jiwanya senantiasa akan mentauhidkan Allah sebab syirik itu adalah barang najis.
  2. Ittiba kepada Sunnah Nabi shallallahu’alaihi wasallam, senantiasa mendengar dan taat dengan syariat islam, tidak membantah, tidak merasa berat dan tidak mengingkarinya.
  3. Akhluqul karimah, akhlak yang mulia, sehingga akan terbentuk pergaulan yang indah dalam bermuamalah denga para hamba Allah.

Maka hendaknya kita berusaha menjaga 3 perkara penting ini agar mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat kelak.


Dan 3 hal ini hanya akan tercapai jika cara mewujudkan tazkiyatun nafs ditempuh dengan cara yang benar yaitu dengan panduan Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan mencontoh sang pakar tazkiyatun nafs yaitu Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam. Tanpa panduan seperti ini pasti akan sesat dan tidak menghasilkan 3 hal diatas, perhatikan hasil tazkiyatun nafs ala sufi yang menyimpang.

Faedah Kajian “Tazkiyatun Nafs”.
Bersama Ustadz Afifi Abdul Wadud, B.A. حفظه الله تعالى

COMMENTS

WORDPRESS: 0