Yang Membuat Ramadhan Anda Berantakan

Yang Membuat Ramadhan Anda Berantakan

Yang Membuat Ramadhan Anda Berantakan — Mega bazar ramadhan, waktunya sangat terbatas, jangan sampai moment ramadhan terlewatkan tanpa amal shalih yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat.

Banyak hal yang akan merusak ramadhan anda, antara lain:

1. Mengikuti hawa nafsu, hanya memburu senangnya nafsu, sekalipun nafsu halal seperti sekedar main bola tapi kalau harus habis waktunya untuk main terus, berantakanlah ramadhanmu, apalagi hawa nafsu yang haram akan membinasakan.

2. Panjangnya angan-angan tentang dunia, memang dunia itu dibutuhkan tapi untuk beribadah kepada Allah, diantara fitnah orang yang orientasi dunianya kuat adalah di bulan ramadhan malah justru untuk mengumpulkan keuntungan maksimal bahkan bisa 10x lipat kesibukannya daripada diluar ramadhan, bahkan di 10 hari terakhir ramadhan, justru puncaknya mengumpulkan dunia, jika ini dituruti berantakanlah ramadhanmu.

عن كعب بن عياض رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: «إن لكل أُمَّة فتنة، وفِتنة أُمَّتي: المال».
[صحيح] – [رواه الترمذي والنسائي في الكبرى وأحمد]

Dari Ka’ab bin ‘Iyāḍ raḍiyallāhu ‘anhu berkata, Aku pernah mendengar Rasulullah -ṣhallallāhu ‘alaihi wa sallam- bersabda, “Sesungguhnya setiap umat itu ada fitnahnya, dan fitnah umatku adalah harta.”
(HR. Tirmiżi)

3. Banyaknya fitnah-fitnah, fitnah offline atau online, dunia nyata atau dunia maya, diantaranya adalah media sosial, TV, handphone, jika tidak terkontrol akan membuat brantakan program ramadhanmu.

عَنْ الْمِقْدَادِ بْنِ الْأَسْوَدِ قَالَ ايْمُ اللَّهِ لَقَدْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ السَّعِيدَ لَمَنْ جُنِّبَ الْفِتَنَ إِنَّ السَّعِيدَ لَمَنْ جُنِّبَ الْفِتَنِ إِنَّ السَّعِيدَ لَمَنْ جُنِّبَ الْفِتَنُ وَلَمَنْ ابْتُلِيَ فَصَبَرَ فَوَاهًا

Dari Al Miqdad bin Al Aswad radhiyallahu ‘anhu beliau berkata: Demi Allah! Aku telah mendengar rasululloh shallallahu alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya orang yang berbahagia adalah orang yang dijauhkan dari fitnah, Sesungguhnya orang yang berbahagia adalah orang yang dijauhkan dari fitnah, Sesungguhnya orang yang berbahagia adalah orang yang dijauhkan dari fitnah dan bagi orang yang diuji lalu bersabar, maka alangkah bagusnya.
(HR. Abu Daud)

4. Jauhilah teman-teman yang buruk, bertemu mereka bisa habis waktunya atau bahkan bisa menyeret pada keburukan, ini yang membuat ramadhanmu berantakan. Jika bisa ,hindari banyak bertemu manusia atau sedikitkan pertemuanya, agar lebih bisa konsen beramal shalih.

Faedah Kajian Detik-detik emas dibulan Ramadhan.
Bersama Ustadz Afifi Abdul Wadud, B.A حفظه الله تعالى

COMMENTS

WORDPRESS: 0